Wednesday, September 19, 2012

Contoh Proposal Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD)


      PROPOSAL KEGIATAN
     Masa Orientasi Peserta Didik
    “MOPD” 2012 SMA NEGERI 1 SAGARANTEN
   16 s.d.18 Juli 2012

A. PENDAHULUAN
Pendidikan bertujuan untuk menjadikan siswa/siswi sebagai manusia dan warga negara republik Indonesia yang berkepribadian dan berwatak luhur, cerdas, tangkas, terampil dan rajin serta memiliki jiwa disiplin yang tinggi, yang sehat rohani dan jasmani.

Mengenal lingkungan pendidikan yang fisik maupun non- fisik secara baik merupakan salah satu prasyaratan awal untuk menempuh proses pendidikan guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Berkenaan dengan uraian di atas, maka Masa Orientasi Pesrta Didik (MOPD) menjadi penting untuk di tempuh oleh setiap siswa baru guna mengenal lingkungan pendidikan barunya.

B. NAMA & TEMA KEGIATAN
Kegiatan ini bernama MASA ORIENTASI PESERTA DIDIK ( MOPD ) ” SMAN 1 Sagaranten tahun 2012.
Tema Kegiatan:Dengan kegiatan MOPD kita tingkatkan kemandirian, kedisiplinan, persaudaraan dan kekompakan 

C. DASAR PELAKSANAAN
-          Visi dan misi SMA Negeri 1 Sagaranten Kabupaten Sukabumi
-          Program Kerja SMA Negeri 1Sagaranten tahun pelajaran 2011/2012
-          Program Kerja Kesiswaan SMA Negeri 1 Sagaranten tahun pelajaran 2011/2012
-          Program kerja OSIS SMA Negeri 1 Sagaranten tahun pelajaran2011/2012


D. VISI DAN MISI
  1. Mengenalkan lingkungan SMA Negeri 1 Sagaranten.
  2. Sebagai sarana beradaptasi bagi para siswa terhadap lingkungan yang baru.
  3. memberikan pengalaman yang pertama dalam suasana kekeluargaan.
  4. bersosialisasi dengan teman – teman yang baru
   5. sebagai wahana pertemuan siswa baru dalam keluarga SMA Negeri 1 Sagaranten untuk   menggalang persatuan dan sesatuan memperluas wawasan dan pengalaman serta memupuk rasa solidaritas dikalangan calon – calon generasi muda yang tangguh;    
E. TUJUAN KEGIATAN
 1. Umum
a) Memberi kesan yang positif dan menyenangkan kepada siswa terhadap lingkungan pendidikan yang baru. Mereka diharapkan agar mengawali kegiatan pendidikan dengan hal-hal menggembirakan sambil tetap memplajari sesuatu yang baru, baik yang berkaitan dengan lingkungan fisik dan sosial maupun dengan cara –cara belajar yang baru termasuk norma-norma khusus (Rule/code of conduct) yang berlaku di lingkungan sekolah baru.
      b) Meningkatkan rasa persaudaraan, kekompakan, kebersamaan dalam menciptakan rasa persatuan dan kesatuan.
      c) Melatih dan meningkatkan keterampilan ketangkasan kedisiplinan dan patriotism.
      d) Ceria dan gembira dalam masa pelatihan.
2. Khusus
a. Membantu siswa baru menyatu dengan warga sekolah, beradaptasi dengan lingkungan sekolah, mengetahui hak dan kewajiban serta mampu bertanggung jawab dalam kehidupan sekolah.
b. Membantu siswa baru mampu memahami kehidupan sekolah dalam rangka pelaksanaan Wawasan Wiyata Mandala, sehingga fungsi sekolah, guru, siswa dan lingkungan masyarakat dapat mendukung tewujudnya tujuan pendidikan konprehensif menyeluruh.

c. Mendorong siswa baru untuk aktif menambah pemahamannya melalui pengamatan terhadap lingkungan baru.
d. Membantu siswa baru mengembangkan keterampilan untuk melakukan analisis pengalaman dalam membuat kesimpulan.
e. Mengembangkan kreativitas dan memberdayakan potensi siswa baru sesuai Istiqomah.
f. Membangun INSAN BERIMAN, BERILMU, DAN BERAMAL SALEH sesuai dengan visi dan misi SMA Negeri 1 Sagaranten.

F. WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN
Kegiatan Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD) SMA Negeri 1 Sagaranten tahun 2012 dilaksanakan pada :
Hari                 :           Senin s.d. Rabu
Tanggal           :           16 s.d. 18 Juli, 2012
Tempat            :           SMA Negeri 1 Sagaranten
Pembukaan      :           Senin, 16 Juli 2012

G.  PESERTA  KEGIATAN
1. Siswa kelas X ( sepuluh )
2. Sehat jasmani dan rohani

H.  JADWAL KEGIATAN
Terlampir       

I.  PENYELENGGARA KEGIATAN
            Kegiatan Masa Orientasi Peserta Didik (MOPD) tahun 2012 diselenggarakan oleh SMAN 1 Sagaranten dengan komposisi kepanitiaan sbb.

PANITIA OSIS/SISWA
Ketua Pelaksana                      :          
Wakil ketua                             :
Sekeraris                                  :          
Bendahara                               :          
Kordinator Lapangan             :           1.        
                                                      2.        
Seksi – seksi                            :
Sie. Acara                                :           1.        
                                                            2.                                                        
Sie. Perlengkapan                    :           1.        
                                                            2.        
                                                            3.        
Sie.Dekorasi                            :           1.        
                                                            2.        
                                                            3.        
                                                            4.        
Sie. Humas                              :           1.        
                                                            2.        
                                                            3.                                                        



Sie. Keamanan                        :           1.        
2.        
                                                            3.        
Sie. Konsumsi                         :           1.        
                                                            2.        
                                                            3.        
                                                            4.        
Sie. Dokumentasi                    :           1.        
P3K                                         :           1.        
J.  PEMBIAYAAN KEGIATAN
1. Pemasukan ( Calon Siswa )  siswa x Rp.  = Rp.

2. Pengeluaran
No Uraian Jumlah
1. Pemateri  x @ Rp.                                        Rp.
2. Konsumsi Pemateri  x @ Rp.                       Rp.
3. Konsumsi Panitia  x @ Rp.                          Rp.
4. Obat-obatan                                                             Rp.
5. Surat-menyurat                                                        Rp.
6. Transport kegiatan                                                   Rp.
7. Dokumentasi                                                            Rp.
8. Dana lain-lain                                                           Rp.
                                                                        Jumlah Rp.




K. PENUTUP
Demikianlah proposal kegiatan MOPD ini kami buat dengan harapan mudah – mudahan kegiatan MOPD ini dapat terlaksana dengan rancar dan baik. Akhirnya kami pihak panitia berpegang teguh kepada kebersamaan, kekeluargaan, kekompakan dan kami menyadari bahwa kegiatan MOPD tahun ajaran 2012 – 2013 akan terlaksana dengan lancar apabila ada saling pengertian, kebersamaan dan tanggung jawab yang tinggi antara panitia dengan seluruh jajaran keluarga besar SMA Negeri 1 Sagaranten.
Kita semua serahkan kepada Tuhan Yang Maha Esa semoga kegiatan ini bisa bermanfaat dan berguna bagi menyongsong sejuta prestasi dan kemajuan kita semua. Akhir kata atas nama Panitia MOPD dan seluruh jajarannya mengucapkan terima kasih atas partisipasinya dan dukungan yang telah membantu kami untuk lebih maju dan berkembang dari semua pihak yang tidak dapat kami sampaikan satu – persatu hanya Tuhan lah yang akan memberikan kemurahan dan kemudahan, mudah – mudahan kita semua di ridhoi oleh Tuhan Yang Maha Kuasa Amiin.

Sagranten, 9 Juli 2012
Pembina OSIS,                                                                     Ketua Pelaksana,


Pardi Supardi, S.S.,S.Pd                                                      
NIP. 197907082009021003                                                  NIS.


Mengetahui,

Kepala sekolah SMA Negeri 1 Sagaranten,



Mumuh, S.Pd.,M.M.Pd
NIP. 197002071995121003

0 comments:

Post a Comment

 
dan